
Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS dalam membelajarkan IPA diharapkan tidak hanya sekedar teori tetapi juga pemahaman dengan fakta lapangan yang mendukung alur berpikir ilmiah. Hal ini karena IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang alam yang identik dengan kegiatan ilmiah sebagai proses untuk membuktikan fenomena alam. Untuk membelajarkan IPA sesuai kaidah ilmiah tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan riset penelitian sehingga hasil penguasaan keilmuan IPA dapat melekat dan dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Tujuan utama melaksanakan pembelajaran berbasis riset yaitu memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengalami atau melihat fakta ilmiah dilapangan. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS menyelenggarakan kegiatan pendidikan berbasis riset peningkatan kualitas KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman keilmuan IPA. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk KKL diselenggarakan untuk mata kuliah Geosains pada semester genap tahun akademik 2019/2020


Kegiatan KKL Geosains dilakukan di lingkungan terbuka (lapangan) untuk mengamati batuan dan agen pelapuk serta mengamati perbedaan lingkungan dan pengaruhnya terhadap batuan. Pelaksanaan KKL seharusnya dilaksanakan pada bulan April 2020, namun karena adanya pandemik covid-19, kegiatan lapangan tersebut tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, pada selasa, 14 Juli 2020, Pukul 09.00 – 11.00 WIB, Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS menyelenggarakan webinar geosains dengan tema “Guru IPA Belajar Fosil”. Narasumber webinar ini adalah Suwita Nugraha, S.T., M.A. dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran dengan Moderator adalah Febriani Sarwendah AN, M.Pd. dari Pendidikan IPA FKIP UNS.
Webinar ini dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom sebagai bentuk dukungan Prodi Pendidikan IPA FKIP UNS terhadap himbauan dari pemerintah dalam melakukan physical distancing dalam upaya mencegah penyebaran coronavirus.
Softfile Presentasi:
Download