Himadikpa (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan IPA Share Our Love to Another (ISOTON) 2021 di Desa Pojok, Mojogedang, Karanganyar. Kegiatan diselenggarakan mulai dari Sabtu (20/11/2021) hingga Minggu (12/12/2021), dengan menerapkan protokol kesehatan.

ISOTON 2021 dilaksanakan dengan maksud menumbuhkan rasa peduli dan empati mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA, terutama kepedulian terhadap anak-anak dan masyarakat Desa Pojok dalam meningkatkan kemampuan literasi pada masyarakat. Untuk mewujudkan maksud tersebut, Himadikpa menyelenggarakan empat rangkaian kegiatan dalam kegiatan ISOTON 2021.

Kegiatan pertama adalah Pelatihan Administrasi Perpustakaan yang ditujukan untuk Karang Taruna Desa Pojok dan Guru Taman Kanak-Kanak (TK) 2 Pojok dalam rangka mengaktifkan kembali perpustakaan Desa Pojok setelah lima tahun tidak digunakan. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yaitu Bachrul Ilmi, S.Ptk., M.Hum. selaku dosen D-3 Prodi Perpustakaan UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (20/11/2021). Pada kegiatan ini, Pak Bachrul menyampaikan materi mengenai hal-hal yang perlu diketahui dan dipelajari untuk membuka sebuah perpustakaan desa berbasis digital.

Rangkaian kegiatan yang kedua adalah kegiatan sosialisasi bertemakan “Serunya Membaca Bersama” yang ditujukan kepada siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pojok. Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yaitu Dr. Arif Setyawan, S.Hum., M.Pd. selaku dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNS. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (27/11/2021). Pada kegiatan ini, Himadikpa UNS juga mengajak adik-adik siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pojok untuk mempraktikan membaca bersama dan melakukan praktikum sederhana “membuat gunung meletus”.

Selanjutnya, kegiatan ketiga adalah pelatihan administrasi perpustakaan sesi kedua dengan peserta dan narasumber yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (9/12/2021).  Untuk kegiatan ketiga ini dosen D-3 Prodi Perpustakaan UNS, Pak Bachrul melakukan pendampingan langsung kepada calon pengelolan Perpustakaan Desa Pojok perihal pendataan buku-buku bacaan yang telah tersedia sebelumnya.

Kegiatan ISOTON 2021 ditutup dengan kegiatan peluncuran Perpustakaan Desa Pojok yang diberi nama “Pojok Baca” pada Minggu (12/12/2021) sebagai bentuk peresmian telah dibukanya kembali perpustakaan desa. Peluncuran Pojok Baca dilakukan langsung oleh Kepala Desa Pojok. Pada kegiatan ini, dosen S1 Pendidikan IPA FKIP UNS, Isma Aziz Fakhrudin, S.Pd., M.Pd. menjadi pembicara. Pak Aziz memberikan memotivasi kepada tamu undangan tentang pentingnya literasi saat ini.

Risa Qotrunnada, Ketua Panitia ISOTON 2021, berharap kegiatan ini dapat memotivasi rekan-rekan panitia untuk meningkatkan kemampuan literasi di masyarakat desanya. Risa juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi masyarakat di Desa Pojok, Mojogedang.

“Saya harap setelah kegiatan ISOTON dilaksanakan, teman-teman panitia dapat berkontribusi untuk desa mereka dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi. Harapan saya untuk masyarakat Desa Pojok, semoga ke depan menjadi masyarakat yang berintelektual dan memiliki minat yang tinggi dalam membaca buku dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan desa,” harap Risa melalui pesan WhatsApp pada Rabu (22/12/2021). Diadaptasi dari: fkip.uns.ac.id.

By Published On: Desember 25th, 2021Categories: Berita0 Comments

Leave A Comment