Surakarta – Sabtu (16/10/2021) grup riset IPA dan pembelajarannya menggelar workshop untuk guru IPA SMP Surakarta dengan tema “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM”. Kegiatan ini dilaksanakan secara blended yaitu melalui luring di ruang werkudara UNS Inn dan daring melalui Zoom Meetings.  Peserta dari kegiatan ini adalah guru IPA SMP dari sekolah mitra S-1 Pendidikan IPA di Kota Surakarta dan Karanganyar, workshop ini juga diikuti oleh mahasiswa Pendidikan IPA FKIP UNS yang sedang menempuh mata kuliah Praktik Lapangan Persekolahan untuk meningkatkan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah. Workshop dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan pengabdian grup riset IPA dan pembelajarannya sebagai bentuk pendampingan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA.

Acara dibuka oleh MC yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  dan sambutan Ibu paed. Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. selaku kepala Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNS. Workshop “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM” ini memaparkan tiga topik. Topik pertama yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disampaikan oleh Ibu Icha Kurnia Wati, M.Pd., topik kedua adalah lembar kerja peserta didik yang disampaikan oleh Ibu Febriani Sarwendah Asri Nugraheni, M.Pd., dan topik ketiga adalah evaluasi pembelajaran yang disampaikan oleh Ibu Meida Wulan Sari, M.Pd., serta overview yang diberikan oleh Prof. Dr. Suciati, M.Pd. Peserta workshop mulai dari guru IPA hingga mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat dari aktivitas diskusi kelompok yang beranggotakan guru IPA dan mahasiswa, dimana para peserta aktif bertanya kepada pembicara. Selain itu, peserta juga mencatat setiap materi yang disampaikan oleh pembicara.

Workshop “Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM” bertujuan untuk memberikan informasi dan juga pengetahuan segar mengenai langkah langkah yang dilakukan dalam menyusun perangkat pembelajaran IPA berbasis Etno-STEM kepada para peserta. Guru IPA dan mahasiswa mendapatkan pelatihan mengenai cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan evaluasi pembelajaran IPA berbasis Etno-STEM. Sebagai bentuk evaluasi atas pelatihan yang diberikan, Prof. Dr. Suciati, M.Pd. memberikan saran dan masukan kepada kelompok diskusi mengenai perangkat pembelajaran yang disusun.

Dengan selesainya rangkaian kegiatan workshop ini, maka diharapkan guru IPA SMP dapat memahami dan mempraktekan penyusunan perangkat pembelajaran IPA berbasis etnos-STEM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA

By Published On: Oktober 18th, 2021Categories: Penelitian & Pengabdian Masyarakat0 Comments

Leave A Comment