Skripsi merupakan salah satu syarat wajib untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) di Program Studi S-1 Pendidikan IPA. Skripsi merupakan karya tulis berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa, skripsi juga merupakan suatu karya ilmiah yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan serta keterampilan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah secara ilmiah melalui penelitian.

Penelitian yang baik tentunya dimulai dari mendesain proposal penelitian yang baik pula. Webinar ini diselenggarakan bertujuan agar semua peserta dapat membuat proposal penelitian yang baik dan berkualitas, khususnya mahasiswa angkatan 2017 yang akan mengambil mata kuliah skripsi. Webinar Proposal penelitian yang diselenggarakan oleh program studi S-1 Pendidikan IPA dibuka oleh Kepala Program studi S-1 Pendidikan IPA yaitu Dr. Paed Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc.

Pembukaan oleh Kepala Program Studi S-1 Pendidikan IPA, FKIP, UNS

Webinar yang dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Juli 2020 pukul 13.00-16.00 WIB dihadiri oleh 3 pembicara yaitu Prof. Dr. Suciati, M.Pd sebagai pembicara pertama, Riezky Maya Probosari, M.Si sebagai pembicara kedua dan Dr. Paed Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. sebagai pembicara ketiga. Peserta webinar terdiri dari dewan dosen dan mahasiswa angkatan 2017 berjumlah 40 mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan IPA.

Peserta Webinar (Halaman 1)
Peserta Webinar (Halaman 2)

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Suciati, M.Pd dengan tema, Pembelajaran IPA Terpadu: ragam dan implementasinya dalam penelitian Ilmiah. Materi yang disampaikan terkait bagaimana struktur materi dalam pembelajaran IPA, karakteristik pembelajaran IPA terpadu, model pembelajaran terpadu (Fogarty:  fragmented, connected, nested, sequenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, networked.), dan bagaimana implementasinya ditinjau dari jenjang pendidikan.

Pemaparan Materi oleh Prof. Dr. Suciati, M.Pd.

Materi kedua disampaikan oleh ibu Riezky Maya Probosari, M.Si dengan tema: Referensi, Membaca dan Menulis Ilmiah. Materi yang disampaikan meliputi: Persiapan menulis proposal, penentuan target kinerja, penemuan ide/gagasan, pencarian literatur yang valid dan relevan, karakteristik literatur ilmiah, parafrase dan plagiarism.

Pemaparan materi oleh ibu Riezky Maya Probosari, M.Si.

Materi ketiga disampaikan oleh  Dr. Paed Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc. dengan tema: Penelitian Pendidikan IPA di Masa Pandemi Covid-19. Materi yang disampaikan meliputi: pendekatan penelitian, desain penelitian kuantitatif eksperimen dimasa pandemi, desain penelitian kuantitatif non-eksperimen, desain penelitian kualitatif dan publikasi skripsi.

Pemaparan materi oleh Dr. Paed Nurma Yunita Indriyanti, M.Si., M.Sc.

Setelah sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan mahasiswa, yang tentunya dilaksanakan untuk membangun kesamaan konsep dalam penyusunan proposal penelitian. Webinar dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting dan ditayangkan dalam youtube Program Studi Pendidikan IPA. (ANK)

By Published On: July 31st, 2020Categories: Berita0 Comments

Leave A Comment