Tim UNS dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  yaitu Arifin Septiyanto- Pendidikan IPA 2017, dan Davena Salsabila Pend. Sejarah 2018, serta satu mahasiswa Pertanian yaitu Nor Isnaeni _ Agroteknologi 2016 berhasil menjadi juara 2 LKTI bidang Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Hassanuddin. Pelaksanaan lomba yang seharusnya bulan April, namun karena adanya pandemi lomba tersebut diundur. Ketiga mahasiswa tersebut menciptakan Delgut (Kedelai Yogurt): inovasi yoghurt baru terfortifikasi buah lokal parijoto berbasis kolaborasi penta helix di Desa Colo Kab. Kudus. Tepat tanggal pada 4 Juli 2020 tim UNS ini mempresentasikan karya yang mereka buat di hadapan dewan juri dan juga finalis lomba dari berbagai Universitas yaitu Univ. Hasanuddin, Univ. Sebelas Maret, Univ. Negeri Semarang, Institut Pertanian Bogor, Univ. Diponegoro, Univ. Gadjah Mada, Univ. Haluleo, Univ, Terbuka Serang, Univ. Brawijaya, Univ. Mataram

Ada beberapa alasan kami menciptakan produk inovasi berupa Delgurt ini yakni, kami ingin mengangkat kearifan lokal Kabupaten Kudus berupa buah parijoto yang saat ini hanya dikonsumsi masyarakat Kudus secara langsung tanpa proses pengolahan. Selain itu kami ingin memperkenalkan bahwa susu kedelai yang merupakan bahan utama dari Delgurt tak kalah manfaatnya dengan susu sapi, dan lebih ramah dikantong. Secara keseluruhan, Delgurt kami angkat karena memiliki berbagai keunggulan baik di bahan baku yang terjangkau kemudian nutrisi serta aspek lokalitasnya.

Delgurt merupakan singkatan dari kedelai yoghurt, sebuah inovasi produk yoghurt baru yang terfortifikasi buah lokal Parijoto yang merupakan buah khas Desa Colo, Kab. Kudus. Manfaatnya antara lain memelihara kesehatan pencernaan dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.

Harapan dari kami setelah ini ialah semoga kami dapat terus mengembangkan produk olahan kedelai yogurt dengan rasa buah parijoto lebih baik lagi, dan nantinya karya dapat bermanfaat bagi orang lain dan dapat memotivasi banyak orang agar dalam meraih segala tujuannya tidak ada kata tidak mungkin selagi berusaha dan juga berdoa.

By Published On: July 7th, 2020Categories: Berita, Prestasi Mahasiswa2 Comments